Nikmati Liburan Perjalanan Anda Bersama Keluarga Dengan Paket Wisata Halal Muslim RabbaniTour and Travel dan Jadikan Kami "Sahabat Anda Menjelajahi Dunia"

Hippodrome, Salah Satu Peninggalan Bangsa Romawi di Istanbul Turki

Hippodrome, Salah Satu Peninggalan Bangsa Romawi di Istanbul Turki Menjelajahi Turki jangan lupa untuk singgah melihat kemegahan bangunan Hippodrome. Hippodrome merupakan sebuah bangunan yang dibangun pada th 203 Sebelum Masehi oleh Septimus Severus, seorang kaisar Romawi. Hippodrome ini dahulunya difungsikan sebagai arena pacuan kereta dan sarana olah raga di masa kekaisaran Byzantium, yang kemudian diperluas dan dipercantik lagi oleh kaisar Constantine Agung ketika Byzantium menjadi ibukota. Berikut ilustrasi gambar Hippodrome yang menjadi Salah Satu Peninggalan Bangsa Romawi di Istanbul Turki.

Salah Satu Peninggalan Bangsa Romawi di Istanbul Turki - Ilustrasi Hippodrome
Salah Satu Peninggalan Bangsa Romawi di Istanbul Turki – Ilustrasi Hippodrome

Dalam catatan sejarahnya bahwa bangunan Hippodrome ini memiliki tinggi 117 meter yang panjangnya sekitar 480 meter, dan mampu menampung 100.000 orang pengunjung. Sekarang ini dimana lokasi air mancur Jerman itu adalah pintu masuk ke Hippodrome, bagian pusatnya dihiasi dengan Obelisk Mesir, yaitu Tiang Serpent Constantine. Sekarang bangunan Hiprodrome hanya tersisa Obelisk Mesir saja, sebuah Tiang Serpent dan Obelist Constantine.

Sejarah Hippodrome, Peninggalan Bangsa Romawi

 

Pada tahun 600 H/1204 M, ketika itu pasukan Salib membubarkan dan menghancurkan bangunan Hippodrome. Sehingga pada saat itu ketenaran hippodrome merosot, dan setelah kekhalifahan Utsmani mengalahkan Byzantium, kawasan Hippodrome diaktifkan kembali. Tetapi tempat tersebut diubah dan difungsikan sebagai lapangan kuda (horse square), dimana para serdadu dinasti Utsmaniyah melatih kuda-kudanya di tempat tersebut.

Peninggalan Bangsa Romawi - Obelist Mesir
Peninggalan Bangsa Romawi – Obelist Mesir

Baca Juga Artikel Lainnya:

Gubernur Alexandria memberikan hadiah kepada kaisar Thedosius I berupa Obelist Mesir untuk menghiasi bagian tengah Hippodrome. Tiang Serpent “Burmali Sutun (bahasa turki)”, awalnya tiang ini didirikan pada th 479 SM dibangun tepat di depan Kuil Apollo di Delhi, Yunani. Tiang Serpent ini dibuat sebagai penghormatan untuk Dewa Apollo atas kemenangan Yunani dari Persia.

Di abad ke-4 SM kaisar Constantine memindahkan Tiang Serpent dari Yunani ke Konstantinopel untuk menghiasi Hippodrome. Pada awalnya tiang tersebut memiliki ketinggian 8 m, namun dikarenakan orang-orang tidak menyukai bagian atasnya yang berupa kepala ular sehingga dipotong tiang tersebut, akhirnya tiang Serpent hanya tinggal 5,3 m.

Tidak terlalu jauh dari lokasi tersebut, terdapat Obelist lainnya juga. Obelist tersebut memiliki tinggi 32 m, obelist yang dibuat oleh penguasa di kekaisaran Byzantium untuk diberikan ke Constantine Prophyrogenitus. Sehingga Obelist tersebut dinamakan dengan Obelist Constantine.

Konon di Obelist Constantine ini ditempelkan sebuah lempengan perunggu yang menceritakan kemenangan Basil I, yang merupakan kakek dari Constantine VII. Akan tetapi lempengan yang menempel di obelist tersebut dicuri dan kemudian dileburkan oleh pasukan salib ke-4.

 

 

Berwisata Menapaki Sejarah Peninggalan Bangsa Romawi

 

Istanbul Turki ini menjadi salah satu destinasi favorit untuk dikunjungi. jadikan moment liburan anda sekeluarga lebih bermakna dengan mengunjungi destinasi-destinasi wisata yang kaya akan sejarah, bersama Rabbanitour wisatamuslimhalal.com sahabat anda menjelajahi dunia. Hubungi CS Rabbanitour untuk mendapatkan info lebih lanjut, hubungi 0822-8000-1799.

 

Klik Salah Satu Customer Service Kami Untuk Chat

Kontak Langsung Via Whatsapp