Mengunjungi Masjid Kobe, Jejak-jejak Islam di Jepang

www.wisatamuslimhalal.com | Mengunjungi Masjid Kobe, Jejak-jejak Islam di Jepang – Bingung nih.. mau liburan bersama keluarga kemana? Udah ada referensi ke tempat mana belum? Jika belum, Rabbanitour menyediakan paket Paket Halal Muslim Tour Jepang, yaitu berlibur ke jepang. Lalu kenapa sih dikasih nama Paket Halal Tour?? Karena Rabbanitour sangat menjaga yang nama ke HALAL annya. Jadi jangan khawatir jika berkunjung ke luar negeri tapi takut makanan tidak terjaga juga Ibadah nya senan tiasa akan di ingatkan. Kali ini akan membahas tentang Masjid yang pertama kali di bangun di jepang, yaitu Masjid Kobe.

Mengunjungi Masjid Kobe, Jejak-jejak Islam di Jepang
Mengunjungi Masjid Kobe, Jejak-jejak Islam di Jepang

Kobe adalah sebuah kota pelabuhan dengan perpaduan bermacam-macam budaya dan juga sebagai daerah perdagangan internasional terkenal di Jepang. Di Kobe, ada sebuah bangunan masjid (Muslim Mosque) pertama di Jepang yang jarang di ketahui keberadaannya. Kali ini, kami akan menjelaskan sejarah panjang dan budaya yang berada di Kobe Muslim Mosque.

Sejarah Masjid Kobe

Masjid kobe atau yang di kenal juga dengan sebutan Masjid Muslim Kobe yang merupakan masjid yang pertama kali di bangun di jepang pada bulan Oktober 1935. Pendiri masjid ini adalah para pedagang India yang tinggal di Kota Kobe. Pembukaan masjid ini di lakukan pada tahun 1935, tetapi 8 tahun kemudian masjid dan warga muslim di jepang ini mendapatkan masalah. Karena, masjid ini sempat di tutup oleh angkatan laut di jepang. Namun Allah SWT memberikan jalan bagi umat nya yaitu untuk membuka hati orang-orang tersebut dengan mengaktifkan kembali. Masjid Kobe juga merupakan masjid tertua yang ada di jepang.

Sampai sekarang juga, Kobe Muslim Mosque tetap berdiri dengan bentuk yang cantik di Kitano, Chuo-ku, Kobe. Menara dengan balkon di sebelah kanan atas masjid ini di sebut Minaret (menara masjid). Selain berfungsi untuk memberitahu masuk nya waktu ibadah (adzan), menara ini juga menghiasi beberapa dekorasi luar masjid. Pada bagian kiri atas juga dapat terlihat sebuah bagian yang dimana disebut Dome (kubah masjid).

Di masjid selalu di adakan ibadah sebanyak 5 kali sehari. Pada saat ibadah, biasa nya terdapat 10-20 orang jemaah, namun pada saat hari Jum’at bertambah menjadi 150-200 orang jemaah yang bergabung. Para jemaah dari seluruh area Kansai akan berkunjung untuk beribadah di sini sampai dengan proses pembangunan sarana ibadah di Kyoto dan Osaka selesai.

Gaya Arsitektur yang Menakjubkan

Dengan gaya arsitekturnya yang mengambil dari gaya arsitektur Turki, yang memang sudah tidak bisa di pungkiri lagi kalau banyak masjid yang mengambil inspirasi dari turki. Yang melakukannya adalah orang india. Dengan sebuah bangunannya yang mungin memang kuno, namun jangan salah di balik desain kuno nya tersebut tersimpan sejarah berupa hal-hal yang menarik dan unik yang terdapat di dalamnya. Pintu-pintu di masjid ini rata-rata memiliki sebuah ukuran yang besar dengan pengetuk pintu nya yang berupa gelang dari besi.

Keunikan Dari Masjid Kobe Jepang

Jika kita flashback ke zaman dimana dahulu jepang pernah terkena sebuah bencana gempa dan perang yang sangat dahsyat, tentunya anda tahu tentang sejarah itu. Satu hal yang masih terngiang pada saat terjadi perang adalah yang semua bangunan yang ada mulai dari yang kecil sampai yang besar pasti hancur dan sudah tidak berbentuk lagi.Tetapi Subahannallah.. Allahu Akbar!! Allah Maha Besar, ia memperlihatkan sebuah keajaibannya dengan tetap menjaga masjid Kobe ini dengan tetap berdiri kokoh. Namun ada beberapa bagian yang rusak seperti, kaca-kaca yang pecah, dan dinding retak dan menjadi warna hitam.

Baca Juga Artikel Lainnya:

Satu hal lagi masalah yang membuat para pembaca meringis tetapi tercengang, pada saat jepang terkena masalah lain yaiti berupa gempa bumi yang sangat dahsyat. Tetapi masjid ini tetap berdiri kokoh, dan Cuma mengalami kerusakan yang sedikit, jauh dengan apa yang terjadi. Maka dari itu tidak heran lagi setiap ada, sejak ada kejadian-kejadian seperti itulah. Masjid kobe selalu di jadikan tempat pengungsian. Meskipun di Indonesia juga pernah terjadi bencana yang dahsyat di kota Aceh, tetapi bukan di akibatkan perang melainkan dampak dari Tsunami, namun kejadian serupa terjadi ada masjid yang kokoh ketika terjadi tsunami tersebut. Subhannallah…

Beberapa Bagian yang menghiasi Masjid Kobe

  • Lampu Gantung yang menerangi Ruangan Ibadah

Ketika anda masuk ke dalam ruangan ibadah ini, akan tampak lampu gantung (chandelier) yang mewah dan hamparan karpet yang sangat cantik, yang kemudian juga terlihat sebuah kaca patri yang sederhana yang di padupadankan dengan warna kuning yang cerah. Ajaran Agama Islam sangat melarang umat nya menyembah berhala yang di buat di dalam bentuk ornament yang berpola geometri. Tentunya anda akan takjub jika bisa masuk dan melihat nya langsung keindahan masjid ini.

Sebuah hal yang mungkin untuk para muslim yang sedang melakukan perjalanan (musafir) untuk mengikuti ibadah. Ketika datang untuk berkunjung dengan rombongan jemaah, di sarankan untuk menghubungi melalui telepon sebelum nya agar segera di persiapkan karpet bersih yang akan di gunakan untuk beribadah di masjid ini. Masjid ini juga di gunakan sebagai acara perhelatan pernikahan untuk umat muslim yang tinggal di Jepang.

  • Perpustakaan di sediakan di Dalam Masjid

Di dalam masjid terdapat sebuah perpustakaan yang berukuran kecil yang di penuhi dengan buku-buku yang berbahasa Arab yang tersusun rapi. Di dalam koleksi buku ini juga terdapat beberapa buku tentang ajaran agama islam dalam bahasa jepang.

  • Cara Berkunjung ke Masjid Kobe

Untuk berkunjung ke masjid ini, tentu saja orang-orang yang non muslim juga boleh untuk berkunjung ke dalam masjid ini. Tidak masalah jika berkunjung hanya ada 1 atau 3 orang yang datang tanpa melakukan reservasi sebelumnya. Kemudian setelah masuk dari pintu gerbang tersebut yang berada di sebelah kiri di belakang gedung, silahkan untuk menyampaikan maksud dan tujuan berkunjung ke masjid ini kepada petugas resepsionis.

Pada informasi yang tertulis di situs resmi tersebut, terdapat suatu peringatan untuk memperhatikan dari segi pakaian yang Anda kenakan, jangan memakai pakaian yang terbuka yang memperlihatkan bagian dari aurat seperti celana pendek dan rok mini. Untuk para wanita, meskipun tidak di minta memakai kerudung/ selendang panjang (untuk menutupi bagian rambut), ada baik nya untuk tetap membawa kerudung.

Karena tempat ini merupakan tempat beribadah nya umat muslim yang datang dari luar negeri dan juga sebagai tempat dimana anda bisa merasakan sedikit sentuhan yang menjadi budaya islam tanpa harus pergi ke Negara yang sangat jauh, khusus nya bagi orang jepang. Maka dari itu untuk bisa merasakan hal tersebut pilihlah Program Paket Muslim Halal Tour Jepang, bersama dengan Rabbanitour Sahabat Anda Menjelajahi Dunia, Insya Allah Atas Izin Allah SWT 100% Berangkaaatttt..

You might also like More from author

Klik Salah Satu Customer Service Kami Untuk Chat

Kontak Langsung Via Whatsapp