Wisata Halal Maroko – Melirik Kemegahan Masjid Hassan II, Casablanca

Liburan ke Maroko dan menyaksikan kebesaran Islam di Negara Eropa pada Zaman keemasan Mesquita di Cordoba, juga Menelusuri ANDALUSIA GARDEN, HASSAN TOWER, MOHAMMED V MOUSOLEUM dan melewati ROYAL PALACE, juga Menyusuri jejak Islam di Cassablanca dan di Maroko. Sungguh perjalanan yang sangat menarik bukan untuk di kunjungi oleh Anda bersama dengan keluarga dan orang –orang tercinta selain itu juga anda bisa belajar lebih dalam lagi tentang Islam bersama orang-orang tercinta. Mari kita melirik Kemegahan Masjid Hassan II yang berada di Casablanca Maroko.

Kemegahan Masjid Hassan II, Maroko
Kemegahan Masjid Hassan II, Maroko

Banyak yang menilai negeri yang berada di kawasan Maghribi ini dianggap sangat menarik karena dengan letak geografis nya yang sangat dekat dengan benua Eropa dan juga Asia. Melihat berbagai perpaduan budaya ini adalah yang menjadi ciri khas tersendiri di negeri ini dengan ciri khas budaya Islamnya yang cukup kental.

Di Maroko ini juga mempunyai destinasi-destinasi wisata yang sangat menarik untuk di kunjungi. Salah satunya pada akhir tempat bersejarah yang satu ini. Hassan Tower/Masjid Hassan II.

Pada akhir pada abad ke-12 ini sebuah masjid yang besar dan lengkap dengan menara di Rabat, Maroko yang berdiri megah. Di bawah kepemimpinan Sultan Yakub al-Mandur, Khalifah Almohad dinasti ketiga yang menguasai Afrika Barat dan lberia, Hassan Tower ini menjulang sebagai salah satu proyek paling ambisius dan sangat bagus.

Masjid Hassan ini merupakan sebuah masjid terbesar di dunia yang terletak di Kota Casablanca, Maroko. Michel Pinseau ini adalah seorang arsitek di prancis yang mendesain Masjid Hassan dan menara di sebelahnya. Pinseau ini mendesain bangunan tersebut dengan sangat lengkap dengan kemampuan menahan gempa. Pada saat malam hari, lampu pada menara masjid ini menyorot sinar kea rah kota Mekkah. Pada Hari ini menara Masjid Hassan ini di pertimbangkan sebagai menara masjid tertinggi di dunia, yaitu 689 kaki atau 210 meter.

Dengan memiliki kapasitas masjid ini mencapai 25.000 jemaah, tepat nya pada saat mereka sedang menjalankan ibadah sholat di atas lantai kaca. Di atas lantai ini para Jemaah akan sujud sholat di atas laut. Sementara itu, sebanyak 80.000 para Jemaah bisa di tamping jika menyertakan halaman di sekitar Masjid Hassan.

Baca Juga Artikel Lainnya:

Bangunan ini juga memliki sejumlah fitur-fitur yang modern termasuk bagaimana membuat para Jemaah yang datang itu nyaman dan berkesan. Seperti penghangat lantai, pintu elektrik, dan atap yang terbuka ke atas, juga interior menara nya yang berbentuk persegi yang di hiasi dengan pola yang berbeda-beda. Masing-masing di dukung dengan desain yang sangat unik sehingga membawa kesan yang sangat menarik dan modern.

Kemegahan Masjid Hassan II - Interior Masjid Hassan, Maroko
Kemegahan Masjid Hassan II – Interior Masjid Hassan, Maroko

Pembangunan masjid ini diperkirakan menelan biaya hingga $800 juta, yang sebagian besarnya diambil dari pajak. Berbagai laporan internasional telah memberikan sebuah laporan bahwa ada banyak sekali kecaman dan dana tidak sukarela yang digunakan untuk membiayai proyek pembangunannya. Namun, masyarakat Maroko tetap bangga dengan keberadaan monumen tersebut. Dengan Pengumpulan dana untuk pembangunan masjid ini sebenarnya juga memiliki sensitif: mengurangi jumlah uang yang beredar di Maroko dan menekan inflasi.

Dengan Gaya arsitektur Masjid Hassan II ini memperlihatkan pengaruh gaya “Moorish” yang kuat & mengingatkan orang pada kemegahan Alhambra dan Mezquita, dengan dua peninggalan kebudayaan Islam yang termasyhur di daratan Spanyol ini. Pintu-pintu di luar maupun di dalam ruangan masjid di cirikan oleh lengkungan berbentuk tapal kuda. Sedangkan dinding dan pilar-pilar di dalam ruangan yang dihiasi dengan berbagai macam pola ukiran yang rumit dan indah.

Seperti masjid pada umumnya, masjid ini juga memiliki menara. Menara Masjid Hassan yang berada di sisi pojok kompleks masjid tersebut merupakan menara tertinggi di dunia, yang mencapai 210 m2. Puncak menara ini di lengkapi dengan cahaya laser ke arah Masjidil Haram, Makkah, kiblat shalat umat Islam. Pada malam hari cahaya itu begitu sempuna terlihat. Subhannallah.. Sungguh sangat indah.

Masjid Hassan II yang menandai keberlanjutannya suatu sejarah kesenian kuno yang telah termodernisasikan dan bukan hanya sekadar inovasi teknologis, melainkan juga kesempatan untuk mengeksplorasi kemungkinan-kemungkinan estetika yang baru. Maka dari itu Banyak sekali wisatawan asing dunia yang berkunjung ke sini.

Apakah Anda berminat berlibur ke Maroko? segera dapatkan informasi lebih lanjut mengenai paket-paket wisata halal ke berbagai negara di Rabbanitour. Tersedia Paket Wisata Halal Turki, Maroko, Alexandria Mesir, Aqsha & Petra dan banyak lainnya. Rabbanitour siap menjadi sahabat anda menjelajahi Dunia.

You might also like More from author

Klik Salah Satu Customer Service Kami Untuk Chat

Kontak Langsung Via Whatsapp